Masker Madu

Diposting pada

Selain digunakan untuk bahan pelengkap makanan dan minuman, madu murni juga ternyata dapat digunakan sebagai masker madu yang bermanfaat bagi wajah, carnaya mudah tinggal mengoleskan madu murni ke wajah atau juga bisa di kolaborasikan dengan jeruk nipis, putih telur, bubuk kunyit, susu murni ataupun minyak zaitun.

Masker Madu

Masker Madu

Cairan madu merupakan hasil alam yang dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting, madu mengandung antimikroba, antioksidan dan bisa memberikan efek tenang pada kulit.

Kadar antioksidan yang tinggi pada madu dapat mengatasi radikal bebas yang dapat merusak kulit, radikal bebas biasanya menyebabkan kulit jadi kusam, keriput, mengalami penuaan dini bahkan bisa memicu kanker kulit.

Selain kaya akan antioksidan, madu juga diperkaya dengan antiseptic dan antibacterial yang dapat menumpas jerawat ataupun komedo. Tak hanya bisa dijadikan sebagai masker wajah, madu juga bisa digunakan sebagai masker pada kulit kering di area tubuh lain.

Cara Menggunakan Masker Madu

  1. Bilas wajah anda dengan air hangat supaya pori-pori wajah terbuka
  2. Oleskan madu pada wajah, diamkan selama setengah jam
  3. Bilas kembali dengan ari hangat, kemudian basuh dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup kembali.

Anda sangat disarankan untuk menggunakan madu yang benar-benar asli dan tidak mengandung campuran bahan kimia supaya hasil yang didapat lebih memuaskan dan tidak memberikan efek samping berbahaya bagi wajah anda.

Manfaat Masker Madu

Disamping dapat melembutkan kulit, masker madu murni juga dapat memberikan efek baik bagi kesehatan kulit anda bahkan bisa mengobati berbagai gangguan kulit, berikut ini berbagai manfaat menggunakan madu sebagai masker :

Melembutkan Bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah dapat diatasi dengan menggunakan madu, kandungan antimikroma yang dimilikinya dapat melembutkan bibir secara alami, cara menggunakan madu sebagai pelembut bibir yaitu : campurkan madu dengan air hangat dan oleskan pada bibir anda.

Menghilangkan Bekas Luka

Menggunakan madu sebagai masker juga terbukti efektif untuk menghilangkan bekas luka yang ada pada kulit wajah maupun kulit lain di tubuh anda. Penggunaan madu juga dapat menghilangkan luka akibat diabetes dan luka setelah melakukan operasi.

Penghalus Rambut

Tak hanya sebagai masker untuk kulit saja, madu juga bisa digunakan untuk masker rambut. Madu dipercaya dapat menghaluskan rambut secara alami, cara penggunaanya pun sangat mudah anda hanya perlu mengoleskan campuran madu dengan air hangat ke bagian rambut yang sudah di cuci terlebih dahulu, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Menghilangkan Flek Hitam

Madu juga bisa mengangkat flek hitam apabila dijadikan sebagai masker, madu yang diramu dengan bubuk kopi kemudian di oleskan pada wajah dapat menghilangkan felk atau noda hitam pada wajah yang biasanya muncul akibat bekas jerawat dan bekas komedo.

Menghilangkan Komedo dan Jerawat

Masalah yang umum terjadi pada wajah adalah munculnya komedo dan jerawat, menggunakan masker wajah yang terbuat dari madu alami dapat membantu pertumbuhan jerawat jadi terhambat, dan jerawat yang sudah ada akan cepat sembuh. Diketahui bahwa madu mengandung antibakteri untuk mencegah infeksi dan radang akibat jerawat.

Melembabkan Kulit Wajah

Madu walet atau madu yang di padukan dengan air liur walet, dapat mengembalikan kelembaban kulit wajah yang kering, biasanya wajah akan kering ketika terpapar sinar ultraviolet dalam jangka lama dari sinar matahari. Lambat laut tampilan kulit wajah bisa menjadi kusam, nah untuk mengatasi hal tersebut bisa gunakan madu sebagai masker andalan anda.

Rangkuman Khasiat Masker Madu :

  • Melembutkan Bibir
  • Menghilangkan Bekas Luka
  • Penghalus Rambut
  • Menghilangkan Flek Hitam
  • Menghilangkan Komedo
  • Menghilangkan Jerawat
  • Melembabkan Kulit Wajah

Itulah berbagai manfaat dan kegunaan masker madu untuk kecantikan kulit anda.

Efek Samping Masker Madu

Setelah mengetahui apa saja khasiat masker madu untuk wajah, rambut, bibir dan bekas luka. Kini anda bisa mempraktekannya sendiri di rumah.

Walaupun demikian, anda harus tetap waspada dengan efek samping penggunaan madu, karena pada beberapa pemakai madu bisa menimbulkan alergi seperti gatal, kulit kemerahan maupun pembengkakan, hentikan pemakaian masker madu apabila terjadi efek samping dan pastikan diri anda untuk segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan terdekat.

Semoga uraian mengenai manfaat madu untuk masker ini bermanfaat bagi anda, Jika bermanfaat bagikan post ini kepada teman-teman anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *