Madu Hitam Untuk Ibu Hamil

Secara umum madu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, madu berguna untuk memperbaiki dan membangun system kekebalan tubuh. Agar tidak terjadi efek samping, konsumsi madu ketika hamil harus lebih cermat. Lalu bagaimana dengan madu hitam untuk ibu hamil ?, mari kita bahas selengkapnya disini.

Madu Hitam Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Hitam Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, madu hitam memiliki banyak  manfaat diantaranya :

Mencegah penyakit

Madu hitam memiliki banyak manfaat untuk mencegah penyakit pada ibu hamil seperti penyakit hipertensi, batuk-batuk, diabetes. Selain itu madu hitam juga dapat mengatasi kelelahan pada ibu hamil.

Melengkapi Nutrisi Janin

Jika dikonsumsi secara rutin, madu hitam juga bermanfaat bagi janin yang berada didalam kandungan. Madu berfungsi untuk membantu proses perkembangan dan pertumbuhan bayi, madu juga dapat mengeluarkan zat termimum ketika ibu melahirkan.

Sebagai antibiotik

Antibiotik yang terkandung pada madu hitam lebih banyak dibandingkan madu pada umumnya, fungsi dari antibiotik ini adalah untuk membunuh berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit pada ibu hamil.

Membersihkan Darah

Madu hitam yang dikonsumsi dengan telur ayam kampung dapat membersihkan darah pada ibu yang baru melahirkan, telur ayam kampung bisa direbus setengah matang dan di ramu dengan madu hitam.

Itulah berbagai manfaat madu hitam untuk ibu hamil, selain mempunyai banyak manfaat, ternyata madu hitam juga mempunyai efek samping atau sisi negative bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Efek Samping Madu Hitam Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya tidak ada efek samping akibat konsumsi madu pada ibu hamil apabila dilakukan dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan. Akan tetapi anda harus mewaspadai beberapa hal berikut ketika ibu hamil mengonsumsi madu :

  • Terkadang madu yang dikonsumsi merupakan madu mentah yang belum dipasteurisasi, mengonsumsi makanan atau minum yang tidak dipasteurisasi dapat meningkatkan risiko terkena listeriosis, yaitu keracunan tubuh akibat makanan atau minuman yang terkontaminasi listeria monocytogenes. Keracunan ini pada ibu hamil bisa menyebabkan kelahiran premature, oleh karena itu jika ibu hamil ingin konsumsi madu pastikan madunya sudah dipasteurisasi terlebih dahulu.
  • Beberapa ibu hamil juga ada yang mengalami reaksi alergi jika minum madu, seperti susah menelan, batuk, gatal, asma atau sesak nafas, radang paru, perubahan suara, bersin dan kondisi lainnya.
  • Bagi ibu hamil yang mengalami pendarahan, madu sebaiknya tidak dikonsumsi karena  bisa menyebabkan risiko pendarahan meningkat.

Itulah berbagai efek negative penggunaan madu hitam pada ibu hamil. Baiknya anda memilih produk madu hitam yang aman dan memiliki izin dari Departemen Kesehatan RI atau BPOM. Semoga uraian ini bermanfaat bagi anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *