Madu Hitam Untuk Ginjal

Diposting pada

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring darah, dalam tubuh kita terdapat dua buah organ ginjal yang letaknya pada bagian bawah punggung, lebih tepatnya di bawah tulang rusuk. Untuk mengatasi gangguan ginjal secara alami anda bisa menggunakan madu. Dalam artikel ini kita akan membahas seputar manfaat dan efek samping madu hitam untuk ginjal.

Madu Hitam Untuk Ginjal

Fungsi Ginjal

Sebelum lebih jauh membahas tentang khasiat madu hitam untuk ginjal, ada baiknya anda mengetahui berbagai fungsi penting dari organ ini, yaitu :

  • Sebagai penyaring limbah berupa zat kimia, obat, makanan dalam darah
  • Menyeimbangkan kadar garam, mineral, cairan dan asam darah pada tubuh
  • Memproduksi eritroprotein, semacam hormone untuk membentuk sel darah mentah
  • Membentuk rennin, yakni enzim pengatur terkanan darah
  • Mengolah vitamin D menjadi senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tulang

Apabila fungsi ginjal terganggu maka zat limbah dan cairan yang menumpuk dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai kondisi yang merugikan seperti :

  • Pembengkakan kaki
  • Mual
  • Muntah
  • Lemas
  • Sesak nafas

Jenis Penyakit Ginjal

Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang organ ginjal, diantaranya :

  • Batu Ginjal – Garam dan mineral yang mengeras dan terimbun dalam ginjal sehingga membentuk Kristal keras yang disebut batu ginjal.
  • Gagal ginjal akut – Kondisi yang terjadi ketika fungsi ginjal mengalami gangguan secara tiba-tiba, kondisi ini harus segera ditangani untuk mencegah penumpukan garam dan zat kimia lain dalam tubuh.
  • Infeksi ginjal – Terjadi akibat bakteri yang menyebar dari kandung kemih menuju organ ginjal, dapat terjadi akibat komplikasi ISK (infeksi saluran kemih).
  • Penyakit ginjal kronis – Kondisi ini biasa juga disebut gagal ginjal kronis yaitu menurunya fungsi ginjal yang terus menerus terjadi dalam waktu yang lama, biasanya lebih dari tiga bulan. Penyakit ini tidak menyebabkan gejala yang signifikan sehingga beberapa penderitanya baru akan menyadari saat gagal ginjal mencapai stadium akhir.
  • Penyakit ginjal polikistik – Kista ginjal (kantong berisi cairan) dalam ginjal yang umum terjadi akibat factor keturunan.

Itulah berbagai penyakit yang dapat terjadi pada organ ginjal anda, untuk mencegah dan mengobati penyakit ginjal anda bisa menggunakan madu hitam. Madu tajdeed merupakan madu hitam plus herbal yang sangat direkomendasikan untuk anda.

Manfaat Madu Hitam Untuk Ginjal

Banyak sekali manfaat madu hitam untuk ginjal anda, salah satunya adalah dapat memberikan nutrisi yang diperlukan ginjal agar lebih tercukupi, madu hitam mengandung berbagai vitamin, enzim dan mineral yang dapat melindungi dan menguatkan system imun tubuh anda. Selain itu, madu hitam juga bermanfaat untuk :

Menambah energi – Seperti kita ketahui bahwa penderita sakit ginjal sering lemas, madu hitam bisa menjadi sumber energy tambahan untuk kondisi tersebut.

Mencegah kanker – Meski jarang terjadi, beberapa penyakit ginjal bisa memicu terjadinya kanker. Madu hitam mengandung flavonoid dan antioksidan yang cukup tinggi untuk mencegah kanker.

Mendukung pembentukan darah – Fungsi ginjal akan terbantu dengan cara ini, madu dapat membersihkan dan melancarkan peredaran darah sehingga meringankan kinerja ginjal.

Menambah nafsu makan – Pada beberapa penderita sakit ginjal, nafsu makan mereka akan menurun. Madu hitam bisa meningkatkan nafsu makan guna membantu proses penyembuhan sakit ginjal.

Itulah manfaat madu hitam untuk ginjal, selain mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, tak bisa dipungkiri bahwa terlalu banyak konsumsi madu juga akan mengakibatkan efek samping. Oleh karena itu anda hendaknya mengonsumsi madu sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan agar proses penyembuhan sakit ginjal anda berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *