Madu Asli

Diposting pada

Madu Asli adalah komposisi utama madu herbal tajdeed selain Jelly Gamat dan Sari Temulawak, halaman ini membahas tentang berbagai manfaat madu murni.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari madu asli atau madu murni. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, madu juga digunakan untuk memelihara kesehatan dan mengobati penyakit-penyakit.

Kandungan nutrisi madu

Khasiat madu asli didapat dari ragam nutrisi yang ada didalamnya, banyak senyawa aktif seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks dan vitamin C. Selain itu madu juga mengandung flavonoid, asam fenolik dan karotenoid.

Produk dari lebah

Madu merupakan produk yang dihasilkan oleh lebah, selain menghasilkan madu lebah juga menghasilkan produk lain yang kaya manfaat seperti bee pollen dan propolis.

Banyak penyedia madu siap minum, baik yang asli maupun yang sudah di ramu dengan bahan-bahan herbal. Madu tajdeed merupakan salah satu merk madu murni yang sudah diramu dengan herbal untuk meningkatkan khasiatnya.

Madu Murni, Salah Satu Komposisi Madu Tajdeed

Pesan Madu Tajdeed Sekarang

6 Manfaat Madu Asli Ditinjau Dari Sisi Medis

Madu mengandung glukosa alamiah yang dapat meningkatkan stamina, dapat digunakan sebagai dopping alami ketika kita berolahraga atau bekerja. Berikut berbagai manfaat madu murni yang bisa kita dapat :

Mencegah Penyakit Jantung

Madu mengandung senyawa yang disebut fitonutrien, berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah jantung).

Berbagai penelitian membuktikan madu juga dapat mengatasi hipertensi, menurunkan kolesterol jahat dan lemak darah. Semua proses ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Menyembuhkan Luka

Madu merupakan solusi alami untuk mengatasi luka baik luka pada kulit maupun luka dalam seperti luka lambung atau tukak. Madu berguna untuk menghilangkan sel mati sehingga merangsang sel baru untuk menutupi luka.

Dengan syarat madunya higenis dan murni, madu dapat digunakan untuk luka diabetes, luka bakar, lecet dan luka bekas gigitan serangga. Sedangkan madu yang sudah diperkaya dengan herbal biasanya hanya digunakan untuk pengobatan dalam saja.

Mencegah Penyakit Pencernaan

Madu adalah prebiotik alami yang mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus, kesehatan pencernaan akan lebih terjaga dengan konsumsi madu. Beberapa kondisi seperti keram usus, infeksi dan radang usus dapat dicegah dengan konsumsi madu.

Meningkatkan Imunitas

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti jamur, juga mengandung senyawa fitonutrien yang dapat mencegah terjadinya penyakit yang berkaitan dengan infeksi. Madu dapat menguatkan sel-sel imun dalam tubuh.

Mencegah Radikal Bebas

Cairan manis produk lebah ini juga mempunyai sifat antioksidan alami, sehingga dapat menangkal masuknya radikal bebas kedalam tubuh.

Madu bermanfaat untuk mencegah dan meredakan peradangan, mengatasi alergi, mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Mengobati Batuk

Banyak penelitian menemukan bahwa madu merupakan obat batuk alami untuk anak diatas 2 tahun dan orang dewasa. Madu bisa memicu air liur lebih banyak diproduksi, sehingga tenggorokan yang kering menjadi lembab, kondisi tenggorokan yang lebab dapat mengurangi rasa gatal dan keinginan untuk batuk.

Efek Samping Madu Asli

Madu tidak cocok dikonsumsi oleh anak dibawah usia 1 tahun, karena dapat menyebabkan botulisme yaitu keracunan yang menyerang saraf tubuh.

Selain itu, ada juga beberapa jenis madu seperti madu rhododendron dan madu gila (mad honey) yang memiliki risiko keracunan dan menimbulkan gejala muntah, diare, nyeri dada, pingsan bahkan hingga koma.

Mengonsumsi madu juga tidak boleh berlebihan, karena madu mempunyai kadar kalori yang cukup tinggi.

Semoga bermanfaat,