Mengenal Manfaat Madu Hitam Untuk Asma dan Takaran Minumnya

Diposting pada

Telah sejak lama madu hitam dikenal sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan. Salah satunya sesak nafas akibat penyakit asma.

Bukan hanya madu hitam, jenis madu lainpun dapat dikonsumsi. Namun jika ditilik dari segi manfaatnya, madu yang terkenal dengan rasa pahit ini punya sederet manfaat yang lebih unggul.

Apa Itu Asma ?

Mengenal Manfaat Madu Hitam Untuk Asma dan Takaran Minumnya

Asma merupakan penyakit kronis atau dapat kambuh dalam jangka waktu yang panjang, tanda orang terkena sakit asma adalah sesak atau kesulitan bernafas akibat radang dan menyempitnya saluran nafas.

Dikutip dari situs alodokter.com, banyak hal yang dapat memicu terjadinya asma seperti asap rokok, debu, bulu hewan, terlalu cape, udara dingin, infeksi virus dan paparan zat kimia.

Penderita asma hendak lebih berhati-hati dengan beberapa hal yang disebut tadi, karena organ pernafasan pengidap asma lebih rentan dibanding dengan orang pada umumnya.

Jika paru-paru terkontaminasi oleh pemicu diatas, maka otot yang ada dibagian organ pernafasan pengidap asma akan menjadi kaku, membuat saluran nafas menyempit dan meningkatkan produksi dahak sehingga nafas menjadi berat.

Gejala Asma

Susah bernafas, sesak dada dan mengi yang memburuk dengan cepat merupakan salah satu gejala asma yang paling umum terjadi. Pada kasus yang parah, gejala asma meliputi :

  1. Inhaler pereda tidak mampu lagi mengatasi gejala
  2. Batuk, mengi, sesak yang semakin parah dan sering
  3. Susah berbicara, makan dan susah tidur karena sesak
  4. Bibir dan jari berubah jadi biru
  5. Detak jantung meningkat
  6. Pusing, lelah dan mengantuk
  7. Terjadi penurunan arus puncak ekspresi.

Note : Jika terjadi hal-hal yang disebutkan dalam point diatas, disarankan agar segera membawa pasien ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Madu Hitam Untuk Asma

Mengenal Manfaat Madu Hitam Untuk Asma dan Takaran Minumnya

Pengobatan asma didasarkan dengan dua tujuan utama yaitu untuk meredakan gejala dan mencegah gejala kambuh. Salah satu pengobatan yang dapat ditempuh adalah melalui cara tradisional, salah satunya mengonsumsi madu hitam.

Menurut penelitian, kandungan antiinflamasi yang terdapat dalam madu dapat mengatasi iritasi pada saluran udara dan paru-paru, disamping itu peningkatan jumlah air liur setelah konsumsi madu juga dapat mencegah batuk dan bersin.

Study lain menemukan bahwa bahan-bahan alami yang diproduksi lebah dapat menurunkan kepekaan penderita asma terhadap serbuk sari yang merupakan salah satu penyebab utama terjadinya asma.

Di California, studi menemukan bahwa minum satu s.d dua sendok madu sebelum tidur dimalam hari dapat mengurangi risiko batuk yang bisa meningkatkan gejala penyakit asma. Hasil penelitian yang dipublikasikan tahun 2012 lalu juga menunjukan bahwa madu melegakan batuk yang biasa terjadi saat malam hari.

Takaran / Cara Minum Madu Hitam Untuk Asma

1 sd 2 sendok makan dua kali, yaitu pagi dan sore hari. Anda dapat mencampurkan madu kedalam makanan atau minuman.

Itulah berbagai fakta mengenai manfaat madu hitam untuk asma, akan tetapi anda harus tetap berhati-hati ketika mengonsumsinya karena madu juga bisa menimbulkan alergi pada beberapa orang, meski tidak ada efek samping madu hitam untuk asma anda baiknya memperhatikan beberapa kondisi berikut jika terjadi setelah konsumsi madu tersebut :

  • Bersin-bersin
  • Mata berair
  • Hidung berair
  • Gatal-gatal

Yang semuanya terjadi setelah konsumsi madu, baiknya anda tidak meneruskan konsumsi madu tersebut, ini merupakan reaksi alergi.  Jika anda sebelumnya pernah konsumsi madu dan tidak terjadi hal-hal seperti diatas kemungkinan alergi terjadi dari makanan lain yang dikonsumsi.

Selain rutin mengonsumsi madu, untuk mempercepat proses penyembuhan sakit asma juga harus menghindari berbagai pemicu asma seperti merokok, debu dan alergi yang bisa memicu serangan asma terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.